Senin, 28 Maret 2016

Self Reminder.... 1

Banyak banget "quote" positif tentang hidup..tentang menjalani kehidupan..tentang kisah-kisah inspiratif yang menggugah hati.
Saya sendiri senang membaca "quote" karena beberapa diantaranya menjadi motivasi bagi saya. Motivasi untuk menjalani hidup untuk lebih baik lagi. Motivasi untuk bisa berbuat lebih baik dan Motivasi untuk tetap bisa menjaga perilaku saat dimanapun dan kapanpun.
Tak lihat siapa yang menulis atau siapa yang mengatakannya. Selama itu baik dan positif tidak ada alasan untuk mengkritiknya.

Hidup itu tak sama. Saya..suami saya..anak-anak saya..teman-teman saya.. semuanya menjalani kehidupan yang berbeda. Hanya waktunya saja yang bersamaan.

Bagi saya, tujuan hidup itu ada dua.
1. Mencari sebanyak-banyaknya pahala.
2. Mengumpulkan sebanyak-banyaknya dosa.

Tinggal kita pilih...
Nomer berapakah yang ingin kita capai hari ini..esok dan seterusnya..
atau...
nomer berapakah yang sudah kita kerjakan kemarin...

Tak ada yang tak lepas dari dosa. Seorang istri yang mungkin tanpa sengaja berbuat dosa kepada suaminya meskipun hal kecil. Sebaliknya juga suami yang berbuat dosa kepada istrinya tanpa disadari. Seorang anak, teman dan lain sebagainya tak ada yang lepas dari dosa.

Apa penyebab dosa2 kecil yang tak disadari itu ada?
Yaitu waktu-waktu kosong kita yang tak kita pergunakan sebaik-baiknya.
Waktu kosong kita yang membuat kita lalai. Membuat kita jauh dari Allah. Membuat kita terlena akan waktu yang sebenarnya terus berjalan tanpa disadari.

Bagaimana cara mengumpulkan pahala-pahala kecil tetapi memberatkan timbangan kita nanti?
Menggunakan waktu-waktu kosong kita untuk terus mengingat Allah. Menggunakan waktu luang kita untuk berdzikir kepada Allah. Basahkanlah selalu lisan kita dengan dzikrullah. Dzikrullah itu tidak mahal dan tidak sulit tetapi memiliki pahala yang berlimpah. Saat-saat apapun kita berdzikirlah kepada Allah. Saat bekerja, saat memasak, saat hendak tidur, saat berkendara dan lain sebagainya. Dzikrullah tak akan mencelakakan kita tetapi justru akan melindungi kita.

Sulitkah mengerjakan Dzikrullah?
Tak ada yang sulit. Jika kita mampu mendengarkan lagu-lagu dengan earphone kita. Mengapa tak kita ganti lagu-lagu tersebut dengan lantunan murottal Al-Quran dengan shalawat-shalawat nabi dan lain sebagainya. Lagu yang kita dengar tak mampu menyelamatkan kita dari panasnya api neraka. Tak mampu menghapus dosa-dosa kita.

Belajarlah untuk selalu dzikrullah disaat-saat tertentu.
Jika kita sudah terbiasa dengan dzikrullah insya Allah mengerjakannya setiap hari akan terasa sangatlah ringan.

Mari kita memperbaiki diri....
Karena dengan menulis seperti ini bukan berarti saya sudah menjadi pribadi yang baik tetapi mengajak untuk berbuat baik adalah kewajiban kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar